https://apps.santosjayaabadi.co.id/factoryoutlet/contents/images/lg/posts/POST_Mungkinkah_Menanam_Tanaman_Kopi_Dirumah_(20181203030733).jpg

Mungkinkah Menanam Tanaman Kopi Dirumah?

Kopi adalah tanaman yang membutuhkan ketinggian dan iklim khusus untuk bertumbuh. Meski begitu bukan berarti kopi tidak bisa ditanam di dalam pot di rumah. Hanya saja fungsinya tak lagi untuk dipanen, tapi sebagai tanaman hias yang cantik.

Kopi adalah salah satu minuman yang sangat disenangi atau disukai manusia. Namun tahukah anda, pohon kopi sebenarnya bisa juga di pergunakan sebagai tanaman hias yang tidak kalah menarik atau indahnya dengan bunga atau kembang lainnya. Kopi juga bisa ditanam di pot dan di tempatkan di sudut ruangan atau dimana saja tempat yang anda sukai.

Jangan berpikir kopi hanya mampu tumbuh di tanah dengan ketinggian yang sepinggang orang dewasa. Kopi juga bisa tumbuh di dalam pot kecil layaknya tanaman hias yang sedang tren akhir-akhir ini. Lalu apa saja yang harus diperhatikan agar kopi bisa tumbuh sehat di rumah kita?

Pencahayaan

Kopi tidak menyukai sinar matahari langsung. Jadi saat kamu menanam kopi di pot, harus dipastikan cahayanya harus tidak tercurah secarah langsung pada tanamannya. Jangankan di pot, di alam bebas saja tanaman kopi tidak boleh terkena sinar matahari yang banyak dan langsung. Jadi harus diingat, cukupkan sinar matahari pada kopimu tapi tidak terlalu banyak.

Air

Kopi memang membutuhkan asupan air yang banyak. Itu kenapa mereka tumbuh di dataran tinggi yang cukup curah hujannya. Untuk kopi di pot, siram tanamanmu secara berkala tapi jangan sampai membanjiri tanah di dalam potnya.

Tanah

Pilih tanah subur atau gambut dan tempatkan di potmu. Tanah kaya nutrisi baik untuk kelangsungan tanaman kopi hias di rumahmu.

Pemupukan

Disarankan memberi pupuk cair paling tidak sebulan sekali agar subur dan terjaga kesegarannya.

Hama

Kopi paling sering terkena hama kutu putih yang menjangkit daunnya. Jadi harus diperhatikan jika ada yang berubah dari daun dan batang maka harus ditindaklanjuti ya.

Narasumber : https://majalah.ottencoffee.co.id/mungkinkah-menanam-kopi-di-rumah/

Bagikan News Ini