https://apps.santosjayaabadi.co.id/factoryoutlet/contents/images/lg/posts/POST_Yuk_Kenalan_Dengan_Berbagai_Varian_Rasa_Kopi_(20190110082038).jpg

Yuk Kenalan Dengan Berbagai Varian Rasa Kopi

Menikmati kopi kini tak lagi sekadar pelepas dahaga atau pemompa semangat di pagi hari. Seiring berkembangnya kedai kopi bergaya modern, minum kopi pun jadi gaya hidup tersendiri bagi kalangan tertentu. Biar tambah ilmu dan bisa menikmati berbagai varian, yuk simak artikel tentang varian kopi yang digemari oleh banyak orang ini.

Kopi Espresso

Mungkin tampilan kopi espresso ini sangat biasa seperti kopi hitam. Tapi jangan salah, varian kopi ini diolah dengan sangat halus, yaitu dengan menggunakan mesin brewing khusus. Caranya, biji kopi ditaruh dalam mesin kemudian air dialirkan dengan tekanan sangat tinggi sehingga ekstraknya akan ikut bersama dengan air yang keluar dari lubang kecil pada bagian bawah mesin. Kopi ini juga menjadi primadona dan banyak digemari penikmat kopi diseluruh dunia.

Kopi Americano

Americano atau Caffe Americano adalah sajian kopi yang dihasilkan dari tambahan air panas pada espresso. Kuat lemahnya Americano tergantung pada porsi espresso dan air yang ditambahkan. Jadi, rasanya ada kemiripan dengan espresso. Namun akan lebih pas rasanya bila 30 ml air panas diberi kopi espresso.

Kopi Caffe Latte

Caffe latte ini mempunyai arti ‘kopi dan susu’. Cara membuatnya juga mudah, yaitu dengan mencampur 14 – 16 gram kopi bersama 60 ml air panas. Kopi yang digunakan adalah espresso panas dengan susu sapi. Namun kalau mau coba varian lain, espresso bisa diganti dengan matcha atau mate. Rasa latte juga bisa berubah tergantung dari tingkat kepanasan air yang digunakan. Jadi, diperlukan keahlian khusus untuk bisa mendapatkan takaran tepat antara kopi, susu, dan temperatur air panas.

Kopi Cappuccino

Cappuccino adalah minuman khas Italia yang di buat dari espresso dan susu. Jadi, varian ini merupakan paduan antara 1/3 espressso, 1/3 susu yang dipanaskan dan 1/3 susu yang dikocok hingga berbusa. Perpaduan ketiga bahan tersebut pun menciptakan aroma dan rasa khas di lidah sehingga bisa disajikan dalam keadaan panas ataupun dingin. Karena unik, varian kopi ini jadi sangat populer di berbagai penjuru dunia.

Kopi Caffe Macchiato

Caffe macchiato atau dikenal juga dengan sebutan espresso macchiato adalah campuran espresso dan foam susu pada permukaannya. Kopi yang digunakan jelas lebih banyak sehingga rasa dan aromanya lebih tajam. Susu yang digunakan memang sedikit dan tidak diaduk karena hanya dipakai untuk melapisi bagian atas espresso

Kopi Caffe Mocha

Inilah favorit kaum hawa karena rasa mocha-nya begitu kuat dan sangat terasa ketika diminum. Bisa dikatakan kalau caffe mocha adalah paduan antara kopi latte dan cappucchino yang diberi tambahan sirup coklat. Terkadang juga digunakan bubuk kokoa untuk menambah aroma dan rasa kopi. Karena ada taste coklat inilah kenapa banyak wanita yang memesan caffe mocha.

 

Sumber : https://www.pegipegi.com/travel/yuk-kenalan-dengan-berbagai-varian-rasa-kopi/

Bagikan News Ini